Selasa, 23 April 2013

Tes SQ

Kata sebagian orang "Matematika" adalah ilmu pasti. Benarkah demikian? Bagi teman2 yang ingin membantu saya, tolong ya dibantu menyelesaikan soal (cerita) matematika sederhana berikut.

Atas bantuanya saya haturkan terima kasih.....

Amir adalah anak berusia 10 tahun. Pada hari Senin Amir mempunyai uang 20 ribu, hari selasanya uang yang 10 ribu digunakan untuk membeli alat2 sekolah. keesokan harinya Amir di beri uang jajan ibunya sebesar 5 ribu, pada hari kamis Amir bersedekah kepada seorang nenek yg butuh makan sebesar 10 ribu, lalu pada keesokan harinya sisa uangnya ia sedekahkan di kotak infak masjid ketika hendak sholat jum'at. Jadi berapakah uang Amir sekarang?

Minggu, 21 April 2013

Menanti Sebuah Jawaban



Aku tak bisa luluhkan hatimu
Dan aku tak bisa menyentuh cintamu
Seiring jejak kakiku bergetar
Aku tlah terpaku oleh cintamu
Menelusup hariku dengan harapan
Namun kau masih terdiam membisu

Sepenuhnya aku...ingin memelukmu
Mendekap penuh harapan...tuk mencintaimu
Setulusnya aku...akan terus menunggu
Menanti sebuah jawaban tuk memilikimu

Betapa pilunya rindu menusuk jiwaku
Semoga kau tau isi hatiku...
Dan seiring waktu yang terus berputar
Aku masih terhanyut dalam mimpiku

Aku tak bisa luluhkan hatimu
Dan aku tak bisa menyentuh cintamu

Tipu Daya Dunia

"dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu ( Qs : Alhadid : 20)"


Mengutif perkataan sahabat hati, "kehidupan di dunia itu seperti gunung", dari kejauhan terlihat indah menakjubkan, megah, dan tak sedikit orang yang ketika ia melihat gunung ia akan membayangkan suasana yang sejuk, nyaman, hawa yang dingin, serta hal-hal indah yang lain. Namun tatkala kita dekati gunung itu, apalagi hendak kita daki, kita jelajahi untuk menikmati segala keindahan yang kita bayangkan sebelumnya, maka kita akan menemui jalanan terjal, berkelok berliku, pendakian yang sangat sulit untuk dilewati. Hanya orang-orang yang bersabar meniti jalan pendakian itulah yang akan sampai kepuncak gunung dan dapat menikmati segala keindahan sesungguhnya.

Seperti itu pula kehidupan dunia, saat melihat kehidupan orang lain yang telah berhasil maka seakan telah melihat gunung yang menjulang indah. Namun ketika ia jalani kehidupan yang hampir sama, ia temukan berbagai macam terjalnya ujian, kelak-kelok dan lika-liku hambatan, onak duri pandangan kedengkian, cibiran kebencian, serta berbagai hal pahit lainnnya. jika sabar maka akan sampai pada kebahagiaan yang di damba, jika alpa maka akan terjatuh kedalam jurang keputus-asaan yang sangat dalam.

Kehidupan dunia ini hanyalah fatamorgana, kesenagan yang menipu, permaianan dan gurauan yang melalaikan. Secara umum manusia hanya memandang dunia sisi lahiriah saja, sesuatu yang menarik, sesuatu yang indah, ssuatu yang dapat mengankat derajat pemiliknya, manusia hanya mengetahui lahiraih saja, tidak memahami hakikatnya. Karena pengetahuan yang terbatas inilah akhirnya menusia tertipu. Dunia menjadi tujuan hidupnya bukan sarana hidup.

Bagi orang-orang yang tersesat dalam keserakahan dunia, maka laksana ia sedang mengejar fatamorgana sahara. semakin ia berlari mmengejar kenikmatan semu, semakin ia habiskan sisa-sisa usia hanya untuk mengejar sesuatu yang tak akan ia miliki, dan ia akan mati dalam kerugian yang nyata.

Orang yang dikuasai nafsu keserakahan akan dunia, ia akan mengejar, menumpuk harta kekayaan dunia sebanyak-banyaknya. Dimana ia melihat dunia ia akan berusaha sekuat tenaganya, dengan cara apapun untuk menguasainya, tidak peduli baik buruk, halal/ haram, tak peduli milik siapa, sikut sana-sini. Walau begitu ia sendiri tak pernah menikmati dunia yang telah ia kumpulkan itu. dunia yang ia kira bisa memuliakan, tapi malah menghinakan, dunia yang ia kira akan membawa bahagia justru malah menyusahkan. Bayangkan kehidupan para konglomerat yang tak bisa menikmati kekayaannya, para koruptor yang slalu dihantui rasa kehilangan harta, gelisah takut ketahuan kasus korupsinya, sedikitpun ia tak dapat menikmati dunianya. Atau masih ingatkah kita tentang kisah korun yang tenggelam bersama hartanya? 

Alquran telah banyak menceritakan contoh tentang orang-orang yang tertipu oleh harta dunia ini. Mereka adalah pemilik dua kebun dalam surat alkahfi yang akhirnya menyesali diri. Pemilik kebun yang di ceritakan dalam surat Alqolam dan yang paling monumental adalah korun yang jumlah kekayaanya masih melegnda hingga kini. Mereka yang seluruh hidupnya di peruntukan untuk mengejar kemewahan dunia itu akhirnya menelan kekecewaan, hartanya tidak dapat memberikan manfaat sedikitpun, bahkan mencelakaknya.

Demikianlah sahabat hati, sepercik tentang tipuan kehidupan dunia, semoga menjadi ingatan kita khususnya penulis.

MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI BUDIDAYA KARET1

Chairil Anwar
Pusat Penelitian Karet
P.O. Box 1415, Medan 2001


PENDAHULUAN
Karet merupakan komoditi ekspor yang mampu memberikan kontribusi di dalam upaya peningkatan devisa Indonesia. Ekspor Karet Indonesia selama 20 tahun terakhir terus menunjukkan adanya peningkatan dari 1.0 juta ton pada tahun 1985 menjadi 1.3 juta ton pada tahun 1995 dan 1.9 juta ton pada tahun 2004. Pendapatan devisa dari komoditi ini pada tahun 2004 mencapai US$ 2.25 milyar, yang merupakan 5% dari pendapatan devisa non-migas.

Sejumlah lokasi di Indonesia memiliki keadaan lahan yang cocok untuk pertanaman karet, sebagian besar berada di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Luas area perkebunan karet tahun 2005 tercatat mencapai lebih dari 3.2 juta ha yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Diantaranya 85% merupakan perkebunan karet milik rakyat, dan hanya 7% perkebunan besar negara serta 8% perkebunan besar milik swasta. Produksi karet secara nasional pada tahun 2005 mencapai angka sekitar 2.2 juta ton. Jumlah ini masih akan bisa ditingkatkan lagi dengan memberdayakan lahan-lahan pertanian milik petani dan lahan kosong/tidak produktif yang sesuai untuk perkebunan karet. Dengan memperhatikan adanya peningkatan permintaan dunia terhadap komoditi karet ini dimasa yang akan datang, maka upaya untuk meningkatakan pendapatan petani melalui perluasan tanaman karet dan peremajaaan kebun bisa merupakan langkah yang efektif untuk dilaksanakan. Guna mendukung hal ini, perlu diadakan bantuan yang bisa memberikan modal bagi petani atau pekebun swasta untuk membiayai pembangunan kebun karet dan pemeliharaan tanaman secara intensif.

Pada makalah ini disajikan, (i) prospek dan peluang pasar komoditi karet alam dilihat dari permintaan dan penawaran karet alam sampai dengan tahun 2035, (ii) manajemen dan teknologi budidaya karet, yang meliputi syarat tumbuh tanaman karet berdasarkan iklim dan dan kesuburan tanah, klon karet rekomendasi dan teknik budidaya karet lainnya dari mulai tanam sampai panen, dan (iii) kebutuhan investasi pengusahaan kebun karet dalam bentuk analisis kelayakan finansial.

Artikel yang asli bisa download disini

Lirik Lagu

Gadis Misteri      voc. Mega
Tak pernah ku alami
Tak mungkin ku hindari
Di himpit perasaan
Bayangan gurauan

Di dalam jaga ku tercari-cari
Di dalam tidur termimpi-mimpi
Siapakah gadis misteri
Melambai dan terus menyepi

Jangan biarkan ku ternanti-nanti
Usah benarkan masa berlalu pergi
Cintamu oh! gadis misteri
Belum puas ku temui

Andai di berikan emas permata
Ku pilih senyumanmu
Andai kupunyai mahligai indah
Ku hadiahkan untukmu

Dalam berjuta bintang berkelipan
Kau bagaikan kejora
Antara ribuan mata menikam
Takkan kubiarkan kau tenggelam

Rindu yang Lain         voc. IDK

Semilirnya angin saat ini
membuaiku hanyut dalam lamunan
hayal tentang keindahan,
dunia fana ini...
andaikan kita dapat bersama

semu cinta yang pernah aku rasa
yang ada di perjalanan hidup ini
tapi resah dan gelisah, selalu menghantui
karena sikapmu yang tak pasti

kucoba melupakan dirimu,
karna ku tau pasti sikapmu
agar aku tak slalu rindu padamu

semakin aku lupakan,
semakin aku sadari
rinduku ini untukmu...
#bukan yang lain....
Masih Adakah          voc. Wali

Mengapa mengapa oh oh mengapa
Aku harus rasakan ini semua
Di saat yang lain tertawa bahagia
Aku hanya bisa menangis berduka
*courtesy of LirikLaguIndonesia.Net
Masih adakah, adakah yang bisa
Bisa menerima aku oh apa adanya
Masih adakah, adakah di sana
Bisa menerima aku setulus hatinya

Ku akui aku tidak sempurna
Aku sadari aku orang biasa
Tapi apakah salah bila ku juga
Ingin dan ingin merasakan bahagia

Masih adakah, adakah yang bisa
Bisa menerima aku oh apa adanya
Masih adakah, adakah di sana
Bisa menerima aku setulus hatinya

Masih adakah, adakah yang bisa
Bisa menerima aku oh apa adanya
Masih adakah, adakah di sana
Bisa menerima aku setulus hatinya

Masih adakah, adakah yang bisa
Bisa menerima aku oh apa adanya
Masih adakah, adakah di sana
Bisa menerima aku setulus hatinya

khairatunnisaalmusyayyidah@rocketmail.com

Senin, 15 April 2013

Siapakah kamu?


Bila wanita dari tulang rusuk laki-laki, maka dia tulang rusuk yang melindungi hati laki-laki. Bila bersamamu hati ini terama nyaman dan rasa ini menjadi tenang, mungkinkah kamulah tulang rusukku?

Bila istri nantinya adalah pakaian bagi suami. memandangmu aku melihat sebuah pakaian yang indah, aku suka warnanya, coraknya, designnya, motifnya, & ukuranya kurasa pas untukku. Tapi aku belum tau berapa harganya, mampukah aku membelinya? Aku belum tau, apakah sudah ada yang memesan apa belum? Aku belum tau, pakaian ini di design untukku atau untuk orang lain?

Minggu, 07 April 2013

Rindu Qaisya

Tiada apa yang dapat kurasakan
Selain dari rinduku padamu
Tiada lafaz sendu yang terindah
Yang dapat kugambarkan padamu

Bersama rasa hati dipadukan
Seindah rindu yang dirasakan
Iringan angin malan yang bertiup
Membisikan rinduku padamu

Ketikaku memerlukan kasihmu
Senyum manis sendamu
Sentiasa dihatiku
Namun kini kau tiada disisi
Bagaikan dedaun layu
Yang gugur kekeringan
Dahaga mengharapkan rindumu

(Dari : Kisah Sahabat Hati)
4 Qaisya 

Saat ku sunyi


di saat malam yg sunyi
kutermenung seorang diri
teringat paras wajahmu
yg menggetarkan hatiku

tak ingin aku lupa akan dirimu
ku ingin kita slalu bersama

cinta abadiku, harapan darimu
ku ingin cinta kita slalu bersama...

voc: IDK
4 someone

Jumat, 05 April 2013

Qaisya


25 Maret, 15:29
salam kenal y

25 Maret, 22:36
iya salam knal juga.... aktifitas isna pa? kerja or kulh kh....

25 Maret, 22:49
kuliah + kerja

25 Maret, 23:13
keren....mandiri ya km.... isna putri pertama kh?

25 Maret, 23:14
btw ko ket d profil dkit bgt c...

25 Maret, 23:30
hehehe
iy.. kok tau kalo ank pertama?
gpp age malez jh mau editnya

25 Maret, 23:33
biasany c gtu, ank pertma tu lbih terlihat dewasa wlo msh muda...

25 Maret, 23:34
lgi males edit pa sngaja biar pada pnasaran...hehehe

25 Maret, 23:34
paleng yg ngomong juga ?

25 Maret, 23:34
yaps,,,, bener banget hehehehe

25 Maret, 23:36
g ko riyan ank k2, n terkesan lmbat dewasa.... isna kulh jurs pa?

25 Maret, 23:41
oowh,,, jurusan ekonomi islam

25 Maret, 23:41
\u sndiri kuliah apa kerja

25 Maret, 23:43
apa isna orgny= calm,tenang +menenangkn, tidak banyk bicara, slalu membri dukungan utk org2 yg d cintai, manis +lmah lmbut, suka mjga kbersihn?

26 Maret, 06:54
so sweeet

26 Maret, 06:54
gk kok biasa jha orang ya mah

26 Maret, 07:12
ko so sweet, emg sweet kn....
wah ternyata isna jg rendah hati ya....


26 Maret, 15:49
???

27 Maret, 01:37
ko ????...bingung pa g terima dipuji ni....

27 Maret, 03:48
antara suka dan tidak,,,,, heheheh

27 Maret, 04:04
klo g ska ya anggp ja pghargaan q terhadap kelebihn km, jgn anggp sbg pujian.

27 Maret, 04:09
ups sorry kmrin da pertnyaan isna yg blum q jwab. riyan kerja tapi blum tetp coz lg cri modal ja bwt usha

27 Maret, 04:09
isna kerja part time pa usaha sndri?

27 Maret, 04:13


27 Maret, 04:13
sip

27 Maret, 04:13
i like it

27 Maret, 04:38
age apa nich?

27 Maret, 05:10
ge pa ya...lgi bles pesanmu aja....

27 Maret, 08:01
hehehehee

27 Maret, 08:01
udah tidur?

27 Maret, 22:37
sorry isna, td mlam hujan signal jelek, so q off ja. klo mw ngobrol bsa via sms tp pke nma ya n jgn d kasih k org lain

28 Maret, 06:23
hei...lg ngapain...

28 Maret, 06:29
age mikirin kamu hehehhehee

28 Maret, 06:31
hahahaha. bru kali  ni d gombalin cew...

28 Maret, 06:34
isna katany sambil kerja, emg kerja dmna?

28 Maret, 06:38
suram knpa, emg lgi d kuburan? hehhehe

28 Maret, 07:38
heheheh kerja ngajar bimbel jha,,,
iy to

28 Maret, 07:38
gk tau jha,,,, age da masalah jha

28 Maret, 07:39
may i help yu....?

28 Maret, 07:46
age ada maslah ma temen kosn jha

28 Maret, 08:02
owh...ywdah d sabari ja, isna kn org ny lbih bijak menyikapi masalah...

28 Maret, 08:02
isna kulh dmna kh, ko ngekos?

28 Maret, 08:12
d bandar lampung

28 Maret, 08:12
iy berusaha ntuk itu

28 Maret, 08:20
nice...
lho tnggal d bndr lampung, kulh d bndr lampung, ko ngekos? kn skota...

28 Maret, 16:21
iy tpi q aslnya Way kanan deket dg palembang.. truz kuliahnya di kotanya

29 Maret, 01:36
fto profil tu beneran foto isna? klo bkn, riyan mnta kirimn fto isna, boleh?

29 Maret, 03:17
masih kesel...

29 Maret, 03:19
iy itu foto Q

29 Maret, 03:19
banget sebelnya... soalnya Q juga belom sholat.

29 Maret, 03:21
ywdah sholat dlu sna....biar aga ademan.....

29 Maret, 03:22
masa c itu ftomu? terlihat lbih dewasa dari umur n swaramu....

29 Maret, 03:22
q bangun tidur, da yg nlf tyuz pas q dah sadar ternyata grimis langsung q matiin tnpa ngomong m dia soalnya jemuran baju q banyak banget... ternyata udah d angkatin sama temen q,, q beresin bju blom selesai adx+temennya temen kos q datang, yea gmn q mau wudhu ea,, mereka dteras sdangkan sumurnya deket sama teras, lwpun pake jilbab tetep jha lah

29 Maret, 03:24
hehehehe

29 Maret, 03:24
syukuri apa adanya,,,

29 Maret, 03:24
kita tidak bisa membuat

29 Maret, 03:25
tetapi dibuatkan

29 Maret, 03:29
سهلاعن غش لن يهتشصشلا

29 Maret, 03:30
sibuk yea gk djawab

29 Maret, 03:33
ga jg.... d dalam rumah g da air?

29 Maret, 03:33
iya deh percaya itu fto mu...

29 Maret, 03:34
maaf lma ya....

29 Maret, 03:35
kosan mu g da kmar mandi dalam?

29 Maret, 03:40
gk ada... soalnya kamar mandi nya jha diluar samping kamar q

29 Maret, 03:41
ada tapi air galon

29 Maret, 03:41
is, kmu ko td bisa bhsa jwa? emg ortumu org mna?

29 Maret, 03:43
keturunan jawa semua,,, lwpun tinggal dilampung tapi asli jawa tulenya?

29 Maret, 04:52
isna pujakesuma donk.... jwany mna? isna punya adik berapa...

29 Maret, 04:53
ortu profesiny pa.....

29 Maret, 06:46
q 3 saudara q anak pertama

29 Maret, 06:46
kenapa tanya propesi ortu q

29 Maret, 06:52
biar lbih knal.... isna jwany mna? udah pernah k jwa?

29 Maret, 06:54
yawdh q temeni biar g sepi. hehehehe

29 Maret, 07:04
belom pernh,, kalo kebandung udah pernh,,,
q kalo ditanya jawane ngendi q gk tau?
tpi q turunan ponorogo, kediri + blitar

29 Maret, 07:04
wkwkwkkw

29 Maret, 07:04
boleh 100x hehhehe


29 Maret, 07:18
udah off yea?

29 Maret, 07:19
belum.ntar skit perut klo ktwa terlalu bnyak.....

29 Maret, 07:22
kmu biasany d panggil pa? oya msuk kul angktn berpa ya....

29 Maret, 07:22
oya fb ny pa?

29 Maret, 07:34
heheheheheee

29 Maret, 07:35
isna

29 Maret, 07:35
angkatan 2010

29 Maret, 07:35
isna Adjh

29 Maret, 07:36
emailnya:
 khairatunnisaalmusyayyiddah@rocketmail.com

29 Maret, 07:48
berarti insya Allah tahun besok lu2s ya.....

29 Maret, 07:52
btw ayahmu bukan polisi kn?

29 Maret, 07:53
wihhhh isna bisa bhsa arab to....

29 Maret, 07:56
bintang kampus jg ya???

29 Maret, 08:43
what. bukan q hanya manusia yg hina,,,
bukan lah
aku jha paling sebel sama nama ea polisi

29 Maret, 09:42
blum bubuk, masih Online?

29 Maret, 09:56
belom mash galau

29 Maret, 10:29
galau knpa lagi....

29 Maret, 10:30
berbagi ma temen lh jgn d tanggung sendiri....

29 Maret, 10:31
hehehehe

29 Maret, 10:32
mikirin kamu tuch ekekke

29 Maret, 10:32
boleh,,, tapi q ge gk pengen cerita jha

29 Maret, 10:32
nty dikira cengeng + manja

29 Maret, 10:34
nah gtu to ktwa biar dag galau.... (senyum yg manis)

29 Maret, 10:35
ada to,,, pinter bener kalo suruh ngrayu cwek nich..

29 Maret, 10:36
wah jgan2

29 Maret, 10:36
jgan2 pa....?

29 Maret, 10:37
jangan gori ajha deh

29 Maret, 10:37
doyan kan?

29 Maret, 10:37
hehehehe

29 Maret, 10:38
yo doyan lh, pa lagi pke lontong. sedap....

29 Maret, 10:42
hufh,,,, kalo udah  ngomongin makanan jha,,,lgsung bergairah wkwkwkwk

29 Maret, 10:51
iya, sejak kecil aku lebih suka makanan drpd mainan.

29 Maret, 10:52
pantesan agak gendut wkwkwkwkw

29 Maret, 10:52
gpp, abis g tau topik, jd ikut ja....

29 Maret, 10:53
napa belom tdur?
apa mau nemenin q

29 Maret, 10:53
btw knpa drimu galau, "terlalu banyak pilihan" ya....???

29 Maret, 10:54
bukan masalah itu,,,

29 Maret, 10:55
kalo soal urusan cinta q gk mau buru2

29 Maret, 10:55
q galau karna ge da problem j

29 Maret, 10:56
tapi good smile


29 Maret, 11:01
spa bilang ku gemuk, justru kurus, iya. BB idealku 63, skrg bru 58.

29 Maret, 11:03
boleh ja klo ku kuat tapi ya....(bentar lg jg kedip2 mripate)

29 Maret, 11:03
ya udah makan yg banyak biar cepet gendut wkwkwkwk

29 Maret, 11:03
sweet...

29 Maret, 11:06
hejehee

29 Maret, 11:08
bkan masalh makanan, biar q bisa gmuk, tpi masalah (hati n otak)....

29 Maret, 11:09
mas lewat tlf mwon njeh,,, cpek neng ngarep tlf tyuz

29 Maret, 11:11
wah maaf klo mlem gni g bisa terima telp, coz swara q dah kcil bgt bhkan kdang hilang...

29 Maret, 11:12
dlu pernah punya amandel, klo dah larut malem sering kehilangn swra

29 Maret, 22:05
owh

30 Maret, 08:10
hei....gi pa?

30 Maret, 08:12
ru sey kerikan mas,,, soalnya ge gk enak badan

30 Maret, 08:15
knpa masuk ngin po? emg suka kerikan....

30 Maret, 16:03
darurat,,,,  age sakit qa mas

31 Maret, 00:30
org kya km tu klo sakit gampang obatny, klo mw minum jamu (herba/tanaman obat yg rasa kelat/sepet) atau minum madu campur air klo pagi.

31 Maret, 03:21
madune sinten?

31 Maret, 06:13
lgi OL jg....

31 Maret, 06:16
dah baikn ya...tu mukanya dah cerah n dah tersenyum manis... hehehe

31 Maret, 15:57
Alhamdulillah dah gk panas badannya tapi pilek

1 April, 01:54
qa, td dah bsa ngampus?

1 April, 06:37
gk kekampus tapi tempat mbak bntuin dy

1 April, 08:56
katany Qa putri pertama, ko punya kakak?

18 jam lalu
hei...

18 jam lalu
hey juga

18 jam lalu
age apa nich

18 jam lalu
kangen q

17 jam lalu
lgi sante ja, abis maem.....

17 jam lalu
iya...kangen ma kmu...

15 jam lalu
hehehehehe




who are..


who changed my heart?
anyone who makes me homesick?
always converge
load disappointed
hate and love together

anyone who makes me melancholy
come back past
the soul in turmoil
but no doubt it will come to an end

indahpun memories fade
natural period of melancholy
I want immediately meet
sense of impassioned heart

anyone who makes me worrieddo not expect to see
hate and love are always fused
but no doubt it will come to the end

Suku Anak Dalam di Jambi

Orang Rimba atau yang lebih dikenal dengan sebutan Suku Anak Dalam di Jambi kini terancam kehidupannya karena banyaknya alih fungsi hutan di kawasan Sumatera. Semakin maraknya pertumbuhan dan pembukaan kebun kelapa sawit yang paling banyak memberi ancaman bagi mereka. Seperti apa dan bagaimana kehidupan adat Suku Anak Dalam? Marilah kita menambah pengetahuan kita tentang Suku Anak Dalam berikut ini.

Suku Anak Dalam memiliki wilayah hidup yang cukup luas di Sumatera. Mulai dari Palembang hingga Riau dan Jambi. Namun, memang paling banyak terdapat di daerah Jambi.

Penduduk asli di Jambi - lebih tepatnya adalah penduduk yang nenek moyangnya menetap di daerah Jambi pada zaman dahulu, terdiri dari beberapa suku. Suku - suku tersebut adalah Suku Kubu ( Suku Anak Dalam ), suku Bajau. Adapula Kerinci dan orang Batin. Terdapat pula orang Melayu Jambi yaitu orang Penghulu dan Suku Pindah yang kesemuanya adalah termasuk kategori penduduk asli yang memiliki ras Melayu.

Sesungguhnya, Suku Kubu ( Suku Anak Dalam ) ini adalah percampuran suku bangsa suku bangsa dengan Suku Wedda atau yang disebut suku bangsa Weddoid oleh para Anthropologi.

Kehidupan dari Suku Kubu ( Anak Dalam ) terkenal dengan kebiasaannya yang suka hidup terisolasi dari kehidupan dunia luar yang mengakibatkan rendahnya tingkat kebudayaan dan peradaban dari mereka. Hal tersebut terlihat dari bentuk rumah baik dari segi susunan dan bahan bangunannya, kebudayaan material suku Kubu ( Anak Dalam ) yang masih sangat sederhana, kemudian alat - alat rumah tangga yang mereka gunakan, alat - alat bercocok tanam dan berkebun, pakaian sehari - hari dan upacara yang mereka kenakan.
Namun, suku Kubu ( Anak Dalam ) juga mengenal kebudayaan rohani yang meliputi kepercayaan akan setan - setan dan dewa - dewa, adat kelahiran, perkawinan, pelaksanaan kematian, pantangan atau tabu, hukum adat, kesenian dan bahasa yang memiliki cirri khas tersendiri dibandingkan dengan penduduk lainnya di daerah Jambi tersebut.


Mereka masih menerapakan budaya berburu, sistem barter, dan juga bercocok tanam untuk kelangsungan hidup mereka dan mereka termasuk suku yang menganut sistem hidup semi nomaden karena kebiasaan berpindah - pindah yang mereka lakukan.

Kebiasaan mereka dalam berburu dan bercocok tanam tersebut ternyata memiliki suatu hukum adat sendiri - sendiri. Dalam artian, suatu suku Kubu ( Anak Dalam ) tertentu terdiri dari suatu kelompok induk masyarakat terasing yang terdiri dari beberapa kelompok besar yang terbentuk karena sesama hubungan darah / saudara dan biasanya mereka berdiam di hutan rimba besar yang terpencil dari masyarakat dusun.

Terdapat batas - batas tertentu yang ditentukan oleh bukit - bukit yang terdapat pada hulu anak sungai kecil yang mengalir ke sungai yang agak besar yang menunjukkan daerah kekuasaan mereka dalam berburu dan bercocok tanam.

Jika terdapat Suku Kubu lainnya yang memasuki wilayah tersebut yang tidak memiliki hubungan darah / saudara maka mereka akan dianggap melanggar daerah kekuasaan dan dapat dihukum secara adat yang berlaku di kalangan mereka atau lebih parahnya akan terjadi perkelahian.

Adapun kebiasaan yang harus kita hindari jikalau bertemu dengan Suku Kubu ( Anak Dalam ) jika kita berkunjung ke daerah Jambi. Mereka terkenal tidak pernah ‘mandi’ jadi hal terbaik jangan pernah menunjukkan gerakkan kalau kita merasa terganggu akan ‘bau badan’ mereka.

Jika kita atau mereka meludah ke tanah dan mereka menjilat ludah tersebut secara tidak langsung kita sudah menjadi bagian dari mereka ( mereka memiliki ilmu gaib yang bisa dikatakan sakti ). Percaya atau tidak percaya itulah kenyataan yang ada.

Seolah, gaya hidup mereka memang terbilang masih asli dan cenderung primitif - bila dibandingkan dengan kemajuan penduduk di kota - kota besar Indonesia.

Namun, masyarakat adat asli seperti Suku Anak Dalam adalah satu dari sekian banyak kekayaan negeri ini. Seharusnya kita rawat dan ayomi. Modernisasi serta pemaksaan norma ( plus agama) malah memiskinkan warisan bumi Indonesia itu sendiri, percayalah.
sumber : http://www.belantaraindonesia.org/2012/04/tentang-suku-anak-dalam.html

Suku Kerinci

Bahasa dan Budaya Kerinci

Kata Kerinci berasal dari bahasa Tamil Kurinji yaitu nama bunga kurinji (Strobilanthes kunthiana) yang tumbuh di India Selatan pada ketinggian di atas 1800m. Karena itu Kurinji juga merujuk pada kawasan pegunungan.

Suku Kerinci sebagaimana juga halnya dengan suku-suku lain di Sumatera adalah penutur bahasa Austronesia.

Berdasarkan bahasa dan adat-istiadat suku Kerinci termasuk dalam kategori Melayu, dan paling dekat dengan Minangkabau dan Melayu Jambi. Sebagian besar suku Kerinci menggunakan bahasa Kerinci, yang memiliki beragam dialek, yang bisa berbeda cukup jauh antar satu tempat dengan tempat lainnya di dalam wilayah Kabupaten Kerinci. Untuk berbicara dengan pendatang biasanya digunakan bahasa Minangkabau atau bahasa Indonesia (yang masih dikenal dengan sebutan Melayu Tinggi).

Suku Kerinci memiliki aksara yang disebut surat incung yang merupakan salah satu variasi surat ulu.
Sebagian penulis seperti Van Vollenhoven memasukkan Kerinci ke dalam wilayah adat (adatrechtskring) Sumatera Selatan, sedangkan yang lainnya menganggap Kerinci sebagai wilayah rantau Minangkabau.

Suku Kerinci merupakan masyarakat matrilineal.
Sebagaimana diketahui dari Naskah Tanjung Tanah, naskah Melayu tertua yang ditemukan di Kerinci, pada abad ke-14 Kerinci menjadi bagian dari kerajaan Malayu dengan Dharmasraya sebagai ibu kota. Setelah Adityawarman menjadi maharaja maka ibu kota dipindahkan ke Saruaso dekat Pagaruyung di Tanah Datar.

Hubungan Kekerabatan

Masyarakat Kerinci menarik garis keturunan secara matrilineal, artinya seorang yang dilahirkan menurut garis ibu menurut suku ibu. Suami harus tunduk dan taat pada tenganai rumah, yaitu saudara laki-laki dari istrinya. Dalam masyarakat Kerinci perkawinan dilaksanakan menurut adat istiadat yang disesuaikan dengan ajaran agama Islam.

Hubungan kekerabatan di Kerinci mempunyai rasa kekeluargaan yang mendalam. Rasa sosial, tolong-menolong, kegotongroyongan tetap tertanam dalam jiwa masyarakat Kerinci. Antara satu keluarga dengan keluarga lainnya ada rasa kebersamaan dan keakraban. Ini ditandai dengan adanya panggilan-panggilan pasa saudara-saudara dengan nama panggilan yang khas. Karenanya keluarga atau antar keluarga sangat peka terhadap lingkungan atau keluarga lain. Antara orang tua dengan anak, saudara-saudara perempuan seibu, begitupun saudara-saudara laki-laki merupakan hubungan yang potensial dalam menggerakkan suatu kegiatan tertentu.

Hubungan Kemasyarakatan

Struktur kesatuan masyarakat Kerinci dari besar sampai yang kecil, yaitu kemendapoan, dusun, kalbu, perut, pintu dan sikat. Dalam musyawarah adat mempunyai tingkatan musyawarah adat, pertimbangan dan hukum adat, berjenjang naik, bertangga turun, menurut sko yang tiga takah, yaitu sko Tengganai, sko Ninik Mamak dan sko Depati.

Perbedaan kelas dalam masyarakat Kerinci tidak begitu menyolok. Stratifikasi sosial masyarakat Kerinci hanya berlaku dalam kesatuan dusun atau antara dusun pecahan dusun induk. Kesatuan ulayat negeri atau dusun disebut parit bersudut empat. Segala masalah yang terjadi baik masalah warisan, kriminal, tanah dan sebagainya selalu disesuaikan menurut hukum adat yang berlaku.

Pemerintahan

Satu kelompok masyarakat di dalam satu kesatuan dusun dipimpin oleh kepala dusun, yang juga berfungsi sebagai Kepala Adat atau Tetua Adat. Adat istiadat masyarakat dusun dibina oleh para pemimpin yang jabatannya yaitu Depati dan Ninik Mamak. Dibawah Depati ada Permenti (Rio, Datuk dan Pemangku) merupakan gelar adat yang mempunyai kekuatan dalam segala masalah kehidupan masyarakat adat.Wilayah Depati Ninik Mamak disebut ‘ajun arah’. Struktur pemerintahan Kedepatian:
Depati Mudo Udo Nanggalo Terawang Lidah berpusat di Penawar;
Depati Empat Pemangku IV-8 (baca: Empat Delapan) Helai Kain Alam Kerinci, Rawang;
Depati Empat Rencong Telang, berpusat di Pulau Sangkar;
Pegawe Rajo Pegawe Jenang Suluh Bindang Alam Kerinci, berpusat di Sungai Penuh;
Siliring Panjang atau Kelambu Rajo, berpusat di Lolo;
Depati Gembalo Sembah Tigo Luhah Pemuncak Tanah Mendapo Semurup,berpusat di Semurup ;
Lekuk Limo Puluh Tumbi, bepusat di Lempur;
Depati Intan dan Depati Mangkubumi Tigo Luhah Tanah Sekudung, berpusat di Siulak;

dan Depati Lainnya ialah: Tiga di Hilir Empat Tanah Rawang
Depati Muara Langkap, berpusat di Tamiai;
Depati Biang Sari, berpusat di Pengasi;
Depati Atur Bumi dan Depati Batu Hampar, berpusat di Hiang;
Depati Sirah Mato, berpusat di Seleman;
Depati Mudo dan Depati Singa Lago, di Rawang;

Tiga di Mudik Empat Tanah Rawang
Depati Kepalo Sembah, di Semurup;
Depati Setuo, berpusat di Kemantan;
Depati VII, berpusat di Sikungkung;
Depati Niat di Rawang;

Kekuatan Depati menurut adat dikisahkan memenggal putus, memakan habis, membunuh mati. Depati mempunyai hak yang tertinggi untuk memutuskan suatu perkara. Dalam dusun ada 4 pilar yang disebut golongan 4 jenis, yaitu golongan adat, ulama, cendekiawan dan pemuda. Keempat pilar ini merupakan pemimpin formal sebelum belanda masuk Kerinci 1903. Sesudah tahun 1903, golongan 4 jenis berubah menjadi informal leader. Pemerintahan dusun(pemerintahan Depati) tidak bersifat otokrasi. Segala maslah dusun, anak kemenakan selalu diselesaikan dengan musyawarah mufakat.

Ninik Mamak mempunyai kekuatan menyelesaikan masalah di dalam kalbunya masing-masing. Dusun terdiri dari beberapa luhah. Luhah terdiri dari beberapa perut dan perut terdiri dari beberapa pintu, di dalam pintu ada lagi sikat-sikat. Bentuk pemerintahan Kerinci sebelum kedatangan Belanda dengan system demokrasi asli, merupakan system otonomi murni. Eksekutif adalah Depati dan Ninik Mamak. Legislatif adalah Orang tuo Cerdik Pandai sebagai penasihat pemerintahan. Depati juga mempunyai kekuasaan menghukum dan mendenda diatur dengan adat yang berlaku dengan demikian dwifungsi Depati ini adalah sebagai Yudikatif dusun. Ini pun berlaku sampai sekarang untuk pemerintah desa, juga pada Zaman penjajahan Belanda dan Jepang dipergunakan untuk kepentingan memperkuat penjajahannya di Kerinci.

Selasa, 02 April 2013

MINYAK IKAN

Pembuatan Minyak Ikan
Minyak ikan diperoleh dengan cara ekstraki. Ekstraksi minyak adalah suatu cara untuk mendapatkan minyak atau lemak dari bahan. Cara ekstraksi yang biasa dilakukan, yaitu metode ekstraksi dengan aseton, metode ekstraksi dengan hidrolisa, metode Dry Rendering, metode Wet Rendering dan ekstraksi dengan silase.
Pada percobaan ini dilakukan metode Wet Rendering, yaitu proses yang umumnya digunakan untuk membuat tepung ikan. Tahap proses ini meliputi kombinasi pemasakan dan pengeringan dengan menggunakan uap panas pada keadaan hampa. Pengadukan secara lambat dilakukan selama pengeringan tepung ikan dan dilakukan pengepresan untuk memisahkan tepung dan minyak ikan.
Tahapan-tahapan pemurnian minyak ikan, yaitu penyaringan, degumming, netralisasi, pemisahan sabun, pemucatan dan deodorisasi. Tujuan dari pemurnian minyak ikan adalah untuk menghilangkan rasa dan bau yang tidak enak, warna yang tidak menarik, dan memperpanjang masa simpan minyak sebelum dikonsumsi dan digunakan sebagai bahan mentah dalam industri. Kualitas minyak ikan yang dihasilkan pada proses pemurnia tergantung pada cara penyimpanan dan penanganan ikan sebelum dimurnikan.
Pada tahap penyaringan, minyak ikan yang diperoleh sebagai hasil samping pengolahan tepung ikan atau ikan kaleng disaring terlebih dahulu dengan penyaring kawat untuk memisahkan kotoran-kotoran visual seperti sisa daging dan gumpalan protein. Minyak yang telah bebas dari kotoran visual ditentukan kandungan asam lemak bebasnya (free fatty acid).
Deguming merupakan proses pemisahan getah dan lender yang terdiri Dri fosfatida, protein, residu karbohidrat, air, dan resin tanpa mengurangi jumlah asam lemak bebas dalam minyak. Degumming dilakukan dengan penambahan NaCl 8% ke dalam minyak ikan pada suhu 60oC selama 15 menit. Larutan NaCl yang ditambahkan sebanyak 40% dari volume minyak yang dimurnikan dan selama degumming dilakukan pengadukan. Sedangkan proses degumming dilakukan dengan menambahkan NaOH 2-3% air atau larutan NaCl, atau menambahkan larutan firofosfatida pada minyak, kemudian disentrifugasi pada suhu 30-50oC. Getah fosfatida akan terpidahkan pada sentrifuse sebanyak 3,5% dari minyak asal.
Netralisasi adalah suatu proses untuk memisahkan asam lemak bebas dari mynak atau lemak dengan cara mereaksikan asam lemak bebas dengan basa atau pereaksi lainnya sehingga membentuk sabun (soap stoc). Netralisasi dilakukan dengan menambahkan larutan NaOH 1N ke dalam minyak yang sudah mengalami proses degumming. LArutan NaOH 1N ditambahkan dalam minyak ikan pada suhu 60oC selama 15 menit. Jumlah NaOH yang ditambahkan ditentukan dengan rumus sebagai berikut :
%NaOH = %FFA x 0,142
Sedangkan proses netralisasi dilakukan dengan menambahkan larutan alkali atau pereaksi lainnya untuk membebaskan asam lemak bebas dengan membentuk sabun dan membantu mengkoagulasikan bahan-bahan yang tidak diinginkan. Penambahan larutan alkali ke dalam minyak mentah akan menyebabkan reaksi kimia maupun fisik (Stansbay, 1990 dalam Purbosari, 1999), yaitu
a) Alkali akan bereaksi denag asam lemak bebas dan membantu sabun.
b) Gum menyerap air dan menggumpal melaliu reksi hidrasi.
c) Bahan-bahan warna terdegradasi, terserap oleh gum atau larutan oleh alkali.
d) Bahan-bahan yang tidak terlatur yang terdapat dalam minyak akan menggumpal.
Faktor –faktor yang mempengaruhi proses netralisasi adalah konsentrasi alkali, suhu, pengadukan dan pencucian.  Selanjutnya minyak yang telah dinetralkan dibiarkan beberapa saat supaya terjadi pemisahan sabun yang terbentuk. Lapisan sabun berada pada lapisan bawah dan lapisan minyak pada bagian bawah. Kemudian sabun tersebut diambil. Untuk menghilangkan sabun-sabun yang masih tersisa, pada minyak ikan ditambahkan air panas sambil diaduk dan kemudian dibiarkan supaya terjadi pemisahan minyak dan air. Setelah itu air yang terpisah dibuang.
Pemucatan ialah suatu proses pemurnian minyak yang bertujuan untuk menghilangkan atau memucatkan warna yang tidak disukai dan menghilangkan getah (gum) yang ada dalam minyak. Pemucatan dilakukan dengan penambahan adsorben, umumnya dilakukan dalam ketele yang dilengkapi dengan pipa uap dan alat penghampa udara. Minyak dipanaskan pada suhu 105oC selam 1 jam. Adsorban ditambahkan saat minyak mencapai suhu 70-80 oC sebanyak 1-1,5% dari berat minyak. Selain warna, diserap pula suspensi koloid dan hasil degradasi minyak seperti peroksida. Faktor yang mempengaruhi pemucatan adalah suhu, waktu, tekanan.
Deodorisasi adalah suatu tahap proses pemurnian minyakyang bertujuan untuk menghilankan bau dan rasa yang tidak enak dalam minyak. Prinsip proses deodorasi, yaitu penyulinagan minyak dengan uap panas pada tekanan atmosfer atau keadaan hampa. Proses deodorasi dilakukan dengan cara memompa minyak ke dalam ketelen deodorasi. Kemudian minyak tersebut dipanaskan pada suhu 200-250 oC pada tekanan 1 atmosfer dan selanjutnya pada tekanan rendah (kursng lebih 10 mmHg), sambil dialiri uap panas selama 4-6 jam untuk mengangkut senyawa yang dapat menguap. Setelah proses deodorisasi selesai, minyak ikan kemudian didinginkan sehingga suhu menjadi kurang lebih 84 oC dan selanjutnya minyak ikan dikeluarkan

TEKNOLOGI PENGOLAHAN MINYAK IKAN DAN POTENSI PEMANFAATANYA UNTUK KESEHATAN DAN KECERDASAN

Murdinah1
       Minyak ikan di Indonesia diproduksi dalam bentuk minyak hati dari ikan cucut dan minyak badan ikan , terutama dari ikan lemuru. Kedua jenis minyak ikan tersebut pada umumnya merupakan hasil samping dari pengolahan ikan cucut, dan pengolahan ikan lemuru (pengalengan, pemindangan, penepungan). Mutu fisik dan kimia minyak ikan sangat bervariasi. Teknik ekstraksi minyak ikan dapat dilakukan dengan metode rendering basah, metode rendering kering, metode hidrolisis, metode silase asam dan metode ekstraksi dengan pelarut.Pemurnian dapat dilakukan dengan berbagai tahapan yaitu penjernihan baik dengan penyaringan maupun dengan penyabunan menggunakan alkali, pemucatan dengan bahan adsorben (karbon aktif, bentonit, dan dekalit), penghilangan bau dengan pemanasan pada kondisi vakum, dan winterisasi dengan menggunakan suhu rendah. Rendemen minyak ikan dari proses pengalengan ikan lemuru sebesar 5% (b/b). Kandungan EPA dan DHA minyak ikan dari limbah pengalengan ikan lemuru sebesar 15,15% dan 11,36% dengan kadar total asam lemak omega-3 sebesar 29,68%. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang terdiri dari asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa minyak ikan yang mengandung asam lemak Omega-3 terutama asam eikosapentaenoat (EPA) dan dokosaheksaenoat (DHA) sangat bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan otak manusia. Asam lemak arakhidonat (AA) dan DHA merupakan komponen struktural otak yang mempengaruhi kinerja otak dan sistem syaraf. Manfaat minyak ikan untuk kesehatan dapat mencegah beberapa penyakit antara lain jantung koroner, kelebihan kolesterol darah, penyakit kanker, mengobati kerontokan rambut dan untuk kekebalan tubuh. Pemanfaatan minyak ikan dari hasil samping pengolahan ikan lemuru sebagai bahan suplementasi nutrisi pada produk pangan dapat meningkatkan nilai tambah dan pendapatan, membuka lapangan usaha dan penyerapan tenaga kerja. Indonesia merupakan negara yang sangat potensial untuk memproduksi minyak ikan, mengingat jumlah laut yang luas dan limbah pengalengan ikan yang jumlahnya banyak.
Kata kunci: minyak ikan, asam lemak Omega-3, kesehatan, kecerdasan
1 Peneliti pada Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Jl. KS Tubun Petamburan VI Jakarta 10260 Email : \n
--> bbrppb@yahoo.co.id --> Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya -->
MINYAK IKAN (Teknologi dan Penerapannya untuk Pangan dan Kesehatan) - Graha Ilmu – Yogyakarta
Perkembangan ilmu dan teknologi menyebabkan pergeseran paradigma konsumsi minyak ikan dari sebagai penyedia vitamin A dan D menjadi sumber asam lemak omega-3. Hasil-hasil riset menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 berperan dalam mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan inflamasi; serta berpengaruh positif terhadap metabolisme tubuh termasuk perkembangan otak dan retina. Hal ini yang mendorong para praktisi industri pangan dan farmasi untuk menformulasikan produk mengandung asam lemak omega-3 dengan berbasis minyak ikan, sehingga teknologi pengolahan minyak ikan menjadi berkembang pesat. Buku ini menyajikan berbagai aspek berkaitan dengan pengolahan minyak ikan terutama sebagai sumber asam lemak omega-3, meliputi komposisi, produksi dan pemurnian minyak ikan, teknik konsentrasi asam lemak omega-3, stabilisasi minyak ikan melalui proses mikroenkapsulasi, strukturisasi lipid sehingga mengandung asam lemak omega-3 dari minyak ikan, dan proses formulasi minyak ikan pada produk pangan untuk mendapatkan pangan fungsional mengandung asam lemak omega-3. Peran minyak ikan bagi kesehatan diulas secara mendalam sehingga pembenaran konsumsi dan pengggunaan minyak ikan untuk produk pangan, farmasi, dan kesehatan didukung oleh argumentasi ilmiah yang kuat. Sebagian besar buku ini merujuk pada berbagai hasil-hasil penelitian terkini terkait minyak ikan yang disajikan secara runtut dengan bahasa yang lugas sehingga mudah dipahami. Buku ini ditujukan sebagai acuan untuk memperkaya khasanah dan wawasan terutama bagi mahasiswa program studi ilmu dan teknologi pangan, teknologi hasil pertanian, teknologi hasil perikanan, teknik kimia, farmasi, gizi, serta disiplin ilmu lain yang relevan. Buku ini juga dapat dijadikan referensi bagi para praktisi industri pangan, farmasi, dan produk kesehatan, terutama bagi industri yang menformulasikan atau mengembangkan produk mengandung asam lemak omega-3.
Jenis minyak yang satu ini bukan untuk menggoreng tempe atau kerupuk. minyak ikan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Ya, walaupun tergolong keluarga minyak-minyakan, minyak ikan bukan untuk menggoreng namun merupakan “makanan” tambahan sumber zat gizi. Bahkan, minyak ikan termasuk bahan makanan sumber lemak yang rendah kolesterol, sehingga para ahli gizi dan kesehatan sepakat untuk memberikan label “aman” untuk dikonsumsi oleh bayi, balita, maupun orang dewasa.
Meski bernilai gizi baik, namun kandungan minyak di dalam ikan ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu jenis ikan , jenis kelamin, umur (tingkat kematangan), musim, siklus bertelur, dan letak geografis perairan tempat si ikan hidup.
Mengapa lebih baik?
Sebenarnya, jenis asam lemak pada minyak ikan ada tiga, yaitu:
  1. Asam lemak tidak jenuh (tidak punya ikatan rangkap pada rantai karbonnya), seperti palmitat.
  2. Asam lemak tidak jenuh tunggal (punya satu ikatan rangkap pada rantai karbonnya), contohnya oleat.
  3. Asam lemak tidak jenuh ganda (punya lebih dari satu ikatan rangkap pada rantai karbonnya), contohnya linoleat, linolenat, asam eikosapentanoat (EPA), dan asam dokosaheksanoat (DHA).
Perlu Anda tahu, semakin panjang rantai karbon pada suatu jenis asam lemak dan semakin banyak jumlah ikatan rangkap pada rantai karbon penyusunnya, maka asam lemak itu akan semakin “kaya” manfaatnya bagi kesehatan.
Minyak ikan adalah salah satu zat gizi yang mengandung asam lemak kaya manfaat itu, karena mengandung sekitar 25% asam lemak jenuh dan 75% asam lemak tidak jenuh. Asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acid/PUFA ) di dalamnya akan membantu proses tumbuh-kembang otak (kecerdasan), serta perkembangan indera penglihatan dan sistem kekebalan tubuh bayi dan balita.
Ada 2 jenis PUFA yang sangat terkenal, yakni DHA dan EPA, dimana gabungan konfigurasi atom karbon keduanya dikenal sebagai omega-3. Jenis ikan laut yang “kaya” kandungan omega-3 antara lain salmon, tuna (khususnya tuna sirip biru, tuna sirip kuning, dan albacore ), sardin, herring , makerel, dan kerang-kerangan.
Minyak ikan juga mengandung vitamin A dan D –dua jenis vitamin yang larut dalam lemak– dalam jumlah tinggi. Manfaat vitamin A membantu proses perkembangan mata, sementara vitamin D untuk proses pertumbuhan dan pembentukan tulang yang kuat. Nah, kadar kedua vitamin ini dalam tubuh ikan akan meningkat sejalan dengan bertambah umurnya. Umumnya, kadar vitamin A dalam minyak ikan berkisar antara 1.000–1.000.000 SI (Standar Internasional) per gram, sementara vitamin D sekitar 50–30.000 SI per gram.
Berapa banyak boleh dikonsumsi?
Konsumsi minyak ikan bayi dan balita per harinya didasarkan pada berat badannya. Misalnya saja, bila berat badan anak Anda 10 kg, dia cukup mengkonsumsi minyak ikan sebanyak satu sendok teh setiap harinya. Jika berat badannya lebih dari 10 kg, gunakan alat takar berupa sendok makan, karena jumlah kebutuhannya juga akan meningkat.
Sebenarnya, ada cara gampang mengatur dosis konsumsi minyak ikan untuk anak. Ikuti saja aturan yang ada dalam kemasan. Produk minyak ikan sirup untuk anak-anak yang dijual di pasaran umumnya telah menambahkan zat-zat gizi lain, sehingga ukuran takaran yang dianjurkan pun sudah disesuaikan antara kandungan gizi yang ada dengan kebutuhan anak. Namun, bila Anda merasa perlu, ada baiknya bila mengkonsultasikan hal ini pada dokter anak Anda.
Yang juga perlu diperhatikan adalah cara penyimpanan minyak ikan. Mengingat proses oksidasi lemak yang dapat merusak kualitas minyak ikan bisa terjadi di mana saja (akibatnya menjadi tengik), simpanlah minyak ikan di dalam wadah yang tertutup rapat dan letakkan di tempat yang sejuk.
Minyak Ikan Murni dari Limbah Ikan Segar
Limbah industri perikanan ada yang termanfaatkan dan ada yang terbuang. Namun dengan inovasi teknik pengolahan yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Denmark, semua limbah dari ikan segar bisa diolah menghasilkan minyak ikan bermutu tinggi dan hampir murni.
Jette Lund Kristensen dari Alfa Laval, perusahaan Denmark yang mengembangkan teknik pengolahan baru tersebut menjelaskan dalam “INFOFISH International” bahwa dengan teknik terbaru ini, minyak ikan yang terkandung dalam air cucian surimipun bisa diambil. Lebih dari itu, cara baru tersebut bisa pula digunakan untuk mengambil protein yang dikandung limbah ikan segar.
Cara baru yang dikembangkan tersebut merupakan cara unik yang bisa dengan cepat sekali memisahkan minyak dan protein dari bahan olah yakni dengan menggunakan pemanas khusus jangka singkat yang dikombinasi dengan teknologi botol anggur (decanter) dan sentrifugasi.
Proses pengolahan pada teknik baru tersebut dimulai dengan memasukkan bahan-bahan ke dalam alat pencincang. Bahan yang sudah dicincang disalurkan ke dalam unit pemanas berupa rak alat-alat penukar panas yang mengalihkan panas dari uap menjadi pemanasan ultra cepat. Unit-unit pemanas ini dilengkapi dengan sistem pengerok sehingga permukaan pemanas tetap bersih sehingga transfer panas berlangsung efisien dan waktu pemanasan bisa minimum. Suhu bisa naik sampai 95oC hanya dalam waktu kurang dari 100 detik.
Waktu pemanasan yang demikian cepat jauh di bawah 15-20 menit yang dibutuhkan pada pemasakan ikan cara tradisional.
Pemanasan ultra cepat ini mempertahankan mutu minyak ikan yang tinggi dan hampir murni. Minyak ikan yang dihasilkan bebas dari bau tengik dan baunya netral. Kadar asam lemak bebas (free fatty acid/FFA) rendah sekali yakni di bawah 0,5%, bahkan bisa hanya 0,1%.
(Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan berlangganan Tabloid SINAR TANI. SMS ke : 0815 8441 4991)